Langsung ke konten utama

3 Jenis Investasi yang Paling Populer dan Menguntungkan

3 Jenis Investasi yang Paling Populer dan Menguntungkan - Berinvestasi sekarang banyak pilihan karena dianggap lebih menjanjikan daripada menabung. Berinvestasi dalam keuangan adalah langkah penting, terutama bagi mereka yang mengerti cara mengelola keuangan mereka dengan benar.

Investasi juga dipandang sebagai salah satu cara mengamankan pendanaan di masa depan, mengingat ketika berbagai risiko mungkin muncul dalam pendanaan itu sendiri. Ada tiga jenis investasi, yaitu investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Sementara investasi jangka panjang umumnya dilakukan selama lebih dari 10 tahun, investasi jangka pendek hanya untuk 1 hingga 12 bulan. Artinya, investasi jangka pendek ini umumnya akan mudah dilikuidasi / diuangkan.

Ketika Anda melihat periode waktu yang singkat ini, sangat penting untuk mencari jenis investasi yang tidak mengalami perubahan harga yang signifikan atau berfluktuasi. Ini penting untuk mengatasi risiko kerugian yang bisa diakibatkan oleh perubahan harga yang cepat.

Ada banyak jenis investasi jangka pendek yang sering digunakan investor sebagai pilihan, beberapa di antaranya cukup populer dan mudah diakses. Namun, sebagai tujuan awal, pilihan investasi jangka pendek yang paling menguntungkan tentu sangat perlu diperhitungkan. Sebagaimana dicatat di https://www.artikelusaha.net/2019/06/investasi-yang-menguntungkan-dan-menjanjikan.html, tiga opsi investasi jangka pendek berikut ini lebih hemat biaya dan patut dicoba.

Investasi yang menguntungkan

Investasi yang Menguntungkan dan Menjanjikan


1. Investasi pada deposito 

Investasi pada deposito
Investasi deposito
Instrumen investasi yang sangat populer dan masih sangat dipilih oleh investor di Indonesia adalah deposito. Jaminan dari lembaga penjaminan simpanan (LPS) dan risiko simpanan yang relatif rendah masih diminati hingga saat ini. Terutama bagi investor yang tidak ingin mengambil risiko tinggi dalam investasi mereka. Dengan tingkat bunga sekitar 4 hingga 8% per tahun (dapat dikurangkan dari pajak) dan berbagai periode investasi, instrumen ini dapat digunakan sebagai pilihan yang tepat untuk investasi jangka pendek.

2. Investasi dalam Pinjaman P2P. 


Investasi Pinjaman P2P adalah jenis investasi jangka pendek yang baru-baru ini menjadi populer dan banyak digunakan sebagai pilihan. Sistem berbasis Internet yang relatif praktis ini pada dasarnya adalah peminjaman dan peminjaman, platform yang mempertemukan kedua pihak (pemberi pinjaman dan peminjam).

Namun, dalam sistem ini, platform hanya akan bersifat perantara dan aktivitas yang dilakukan di sana dilakukan oleh pengguna lain yang menjadi anggota. Ini tentu saja merupakan tantangan tersendiri, karena risiko yang ditanggung oleh investor cukup signifikan.

Selain itu, Pinjaman P2P juga tidak berada di bawah naungan lembaga keuangan resmi milik pemerintah, sehingga kegiatan investasi ini tidak dijamin oleh lembaga pemerintah (LPS). Ini berarti bahwa risiko yang melekat pada investasi ini ditanggung oleh investor sendiri.

Jadi, apa yang membuat investasi ini sangat populer dan diminati? Tidak lain dari jumlah pengembalian tinggi tentu menjadi pertimbangan bagi investor. Tidak seperti investasi dalam bentuk tabungan atau bahkan deposito dengan pengembalian di bawah 10%, pinjaman P2P rata-rata dapat menghasilkan pengembalian hingga sekitar 15%.

3. Investasi dalam Reksa Dana 

Investasi Reksa Dana
Investasi Reksa Dana 
Pasar Uang (REPD) Dianggap sebagai salah satu investasi paling likuid dan nyaman, reksa dana pasar uang juga merupakan salah satu investasi jangka pendek yang paling dapat dicapai. Pengelolaan instrumen ini juga cukup sederhana, karena dapat dilakukan oleh investor saja. Selain itu, reksa dana juga merupakan kendaraan investasi tidak kena pajak, meskipun dapat dikenakan sejumlah biaya penjualan.

Tetapi jumlah biaya ini tentu masuk akal, dibandingkan dengan potensi manfaat yang dapat diperoleh dari investasi unik ini. Meskipun masih menjadi bahan diskusi, rata-rata pengembalian investasi diperkirakan sekitar 8,27%. Ini tentu saja merupakan potensi keuntungan yang patut dipertimbangkan.

Memahami dan memilih instrumen investasi jangka pendek terbaik cukup banyak dan dapat dengan mudah direalisasikan hari ini. Tetapi seperti investasi lainnya, investasi jangka pendek ini juga melibatkan sejumlah risiko. Untuk itu, penting untuk memahami risiko dan hal-hal yang berbeda sejak awal, sebelum akhirnya Anda memilih salah satu dari investasi jangka pendek ini untuk keuangan Anda.

Komentar